Chibi Captain America

KAMI BERIKAN YANG TERBAIK


Rabu, 06 Juli 2016

JEPA MAKANAN KHAS MANDAR


Jepa merupakan makanan khas daerah admin yaitu suku Mandar yang berada di  Provinsi Sulawesi Barat  menurut legenda jepa muncul di masa-masa kekeringan dan kelaparan di tanah Mandar. Makanan ini terbuat dari bahan ubi kayu atau singkong yang telah diperas dan dibuang kandungan airnya, hingga menyisakan ampas singkong yang kemudian akan dipanggang diatas piringan tanah liat.

pengolahannya tak berubah namun tetap mengalami inovasi dalam penjajaannya. Tak lagi menjadi menu terpinggirkan tapi telah menjadi wisata kuliner kebanggaan masyarakat Mandar. Beberapa pasar tradisional di Mandar misalnya di Majene dan Tinambung, ada beberapa wanita berprofesi sebagai penjual jepa.

Jepa dapat dijadikan sebagai bahan makanan pokok, pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi.
Kadang pula dizaman dulu para nelayan menjadikannya sebagai makanan pokok ketika sedang berlayar.

Dalam  penyajian itu sendiri, Jepa sering kali dipadukan dengan Bau Peapi ikan masak Mandar dalam waktu bersamaan maka sebaiknya anda menggabungkan antara keduanya. Rasa gurih Jepa dan aroma khas Bau Peapi bisa membuat anda ketagihan. Tui-Tuing Tapa juga merupakan kombinasi makanan pokok dan lauk yang sngat lezat.

Penasaran kan? Maka dari itu jika ada waktu kalian singgahlah kekampung Admin yah. Kita coba bareng-bareng Jepa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Real Estate © 2010 Template design by Justinwoodie.com. Provided By Free Blogger Templates | Freethemes4all.com
Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates