Chibi Captain America

KAMI BERIKAN YANG TERBAIK


Senin, 25 Juli 2016

MARI MENGENAL SUKU LINGON


Awalnya sih Admin nggak sengaja lihat kiriman-kiriman sosial media yang tren saat itu,Instagram ada salah satu postingan dari akum yang admin follow yang khusus membahas fakta-fakta yang ada di dunia, disitulah admin tertarik ngebahas di postingan kali ini yaitu suku Lingon. Penasaran? Mari langsung aja,cekidot !

Suku Lingon ituadalah suatu komunitas suku bangsa, yang hidup terpencil di pedalaman hutan Halmahera Timur. Suku Lingon merupakan suatu suku yang kayaknya misterius, penuh tanda tanya katanya orang tentang keberadaannya di salah satu pulau di Halmahera Timur.

beberapa sumber mengakatakan suku ini misterius karena keberadaan mereka masih dipertanyakan,masih ada apa udah punah?. Selain itu, secara fisik tidak seperti rata-rata penduduk di wilayah Halmahera ini maupun wilayah Asia Tenggara pada umumnya seperti suku  Lingon ini bukan dari ras weddoid, melanesia, polinesia, maupun mongoloid melainkan seperi ras milik bangsa eropa.

Fisik suku Lingon ini memiliki postur tubuh tinggi, berkulit putih, berambut pirang dan bermata hijau dan biru, mirip bule kan yah walaupun beberapa ada juga yang berambut agak kehitaman. Populasi suku ini secara pasti tidak diketahui, karena suku ini diperkirakan nyaris punah.

Menurut cerita masa lalu, Suku Lingon ini pada masa dahulu sering mendapat ancaman dan gangguan dari suku pesisir yang hidup di pantai wilayah ini.

Salah satu ancaman datang dari suku Togutil yang barada di daerah pesisir, yang sering mencoba menculik gadis-gadis suku Lingon yang cantik-cantik layaknya gadis Eropa. Wow !!

Suku-suku  yang lain juga hidup di wilayah ini beranggapan jika suku Lingon ini sangat berbahaya karena dianggap memakan daging mentah dan memiliki ilmu sihir sehingga keberadaan mereka juga membuat takut suku-suku lain yang berada di wilayah itu.

Ada teori yang beranggapan jika suku ini adalah benar-benar asli bamhsa eropa yang kapalnya tak sengaja terdampar di perairan Halmahera.

Belum diketahui pasti asal dan kapan hadirnya orang Suku Lingon di wilayah Halmahera ini. Akan tetapi, jika dilihat dari fisiknya, mereka disinyalir datang dari daratan Eropa. Menurut cerita rakyat secara turun temurun, sekitar 300 tahun silam pernah ada sebuah kapal dari Eropa tenggelam di dekat perairan Halmahera. katanya sih Sebagian penumpang ada yang selamat dan akhirnya terdampar di pulau ini. Mereka akhirnya membangun pemukiman di tengah pedalaman hutan Halmahera Timur sehingga menjadi komunitas yang disebut Lingon Tribe atau Suku Lingon.

Pada awalnya mereka tidak diterima oleh suku-suku lain yang mendiami pedalaman itu lalu kemudian konflik dengan suku-suku lama itu tak terhindarkan. Lantaran kalah jumlah dan persenjataan yang terbatas, akhirnya Suku Lingon terdesak. Dan akhirnya mereka memilih melarikan diri ke pedalaman untuk menghindari serangan lanjutan dari suku-suku lain.


Yang menarik, setelah ratusan tahun menetap di wilayah pedalaman, kebudayaan mereka yang asalnya dari Eropa ini perlahan tapi pasti memudar dan berubah 180 derajat. Mereka pun terpaksa beradaptasi dengan budaya lokal yang bisa dibilang  primitif.

Teman-teman yang pengen request info,berita atau apalah bisa kok,masukin requestnya di kolom komentar.

1 komentar:

  1. Citizen Titanium - The iTanium Art
    Citizen Titanium is a professional and independent art gallery titanium ore from the people who create titanium dioxide sunscreen the best art in the industry. It's micro touch titanium trimmer got amazing designs, the apple watch stainless steel vs titanium artwork how much is titanium worth you've $6.95

    BalasHapus

 
Real Estate © 2010 Template design by Justinwoodie.com. Provided By Free Blogger Templates | Freethemes4all.com
Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates